Rabu, 30 September 2009

Rencana refungsionalisasi KA Magelang-Yogya
Waktu tempuh harus kurang dari 1 jam

MAGELANG - Rencana menghidupkan kembali jalur kereta api Magelang-Yogya-karta atas inisiatif Presiden Susilo Bambang Yudhoyono disambut positif oleh Walikota Magelang H Fahriyanto. ’’Bila jalur kereta api tersebut di-hidupkan kembali, yang kami harapkan pertumbuhan ekonomi di Kota Ma-gelang bisa meningkat,’’ kata Walikota Magelang H Fahriyanto, kemarin.

Fahriyanto juga berharap, bila jalur KA Magelang-Yogyakarta tersebut kembali dihidupkan setelah hampir 30 tahun dihentikan pengoperasiannya, ada peningkatkan kecepatan KA tersebut. Sehingga mampu bersaing dengan kendaraan angkutan umum yang ada saat ini.

’’Kalau sekarang masih seperti dulu, masyarakat tidak banyak yang tertarik untuk naik kereta api. Orang menginginkan yang cepat. Kalau naik kendaraan umum dari Magelang ke Yogyakarta sekitar 1 jam, naik kereta api harus kurang dari 1 jam,’’ ka-tanya.

Fahriyanto mengatakan, untuk merealisasikan rencana tersebut diperlukan kajian mendalam oleh tim yang dibentuk oleh Departemen Perhubungan. Pemkot Magelang juga akan memberikan masukan-masukan kepada tim nantinya.

Ia menambahkan, untuk merealisasikan rencana tersebut, tidaklah mudah. Itu dikarenakan hampir semua jalur KA yang berada di wilayah Kota Magelang sudah banyak yang berubah fungsinya.

Seperti digunakan untuk pemukiman penduduk atau yang lainnya. ’’Sedangkan untuk membuat jalur baru, diperlukan kajian yang lebih mendalam,’’ ujarnya.

Fahriyanto menambahkan, kajian yang tidak kalah pentingnya yakni mewaspadai kecelakaan lalu-lintas bila jalur kereta api Magelang-Yogya-karta kembali dihidupkan.

Karena, lalu lintas kendaraan umum yang melintas di jalur Ma-ge-lang-Yogyakarta tidak sepadat dulu saat kereta masih beroperasi. Ias-skh

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum, mas arkamani, bagaimana kabarnya ?, wah postingannya sudah banyak ya.., mas saya muhammad dari blogmuhammad23.blogspot.com, saya hari ini menghapus widget google friend connect, dan saya ganti yang baru, karena widget yang lama terlalu berat loadingnya, bila mas masing berkenan untuk join diblog saya, saya persilahkan untuk join pada widget google friend connect yang baru.

    BalasHapus